Karena kebanyakan pada kilometer tempuh km 100 ribu tersebut system
kopling masih bagus terkecuali karena cara kita saat berkendara atau pun
medan yang sering kita lalui.
Sayangkan baru berumur 60 ribu atau 80 ribu kilometer sudah harus ganti
plat kopling sedang kendaraan yang lain bisa berumur dua atau tiga kali
lipat.
Sistem kopling pada mobil bertansmisi manual terletak di antara mesin dan transmisi dan fungsi kopling tersebut adalah untuk memutus dan menyambungkan tenaga mesin ke roda melalui transmisi.
Berikut beberapa point penting tips perawatan kopling bermanfaat, agar
supaya kopling mobil lebih awet dan tahan lama dan beberapa hal yang
bisa menjadi penyebab masalah pada kopling.
1. Tidak meletakan kaki pada pedal kopling secara terus
menerus saat mobil jalan karena hal ini akan berakibat pada cepat
terjadi keausan plat matahari kopling pada clutch cover dan mempercepat
kerusakan pada release bearing.
2. Ketika sedang jalan beriringan di tanjakan atau
antri di tanjakan adalah hal bijak untuk tidak menahan mobil dengan
setengah kopling tetapi pergunakan hand rem atau rem tromol.
Akibat menahan setengah kopling untuk menahan kendaraan saat antri
terutama ditanjakan adalah kampas kopling akan cepat tipis dan umur
kampas kopling bisa lebih pendek. Disamping itu permukaan pressure plate
pada cover clutch dan permukaan roda gila akan ikut terkikis.
Ini contoh saja untuk kopling sedan new limo sampai kilometer tempuh
180 ribu, kopling belum layak diganti karena ketebalan plat kopling
masih cukup, kopling belum selip hanya saja pedal kopling terasa agak
berat karena release bearing seret saat bergerak maju mundur.
3. Tidak melepas kopling dengan cara kasar karena
hal ini tentu saja akan berakibat pada kerusakan pada permukaan plat
kopling, permukaan plat kopling yang tidak rata bisa menyebabkan kopling
terasa bergetar saat terhubung, disamping itu untuk kendaraan dengan
beban berat tidak menutup kemungkinan akan membuat putus plat-plat yang
ada di kampas kopling.
Perawatan sistem kopling tentu saja bertujuan agar kita tidak direpotkan oleh masalah kopling.
1. Periksa dari kemungkinan terjadi kebocoran minyak
kopling untuk mobil dengan minyak kopling, terutama periksa master
kopling bawah dari kebocoran minyak kopling karena beban berat tertumpu
pada master kopling bawah saat kita injak pedal kopling.
2. Periksa setelan pedal kopling ini terutama untuk mobil dengan tali kopling seperti Avanza xenia 1,3 liter manual.
3. Ketika terlihat oli bocor dari sambungan mesin
dan transmisi, segera ganti seal crankshaft belakang karena jika oli
bocor dibiarkan bisa menjadi penyebab kopling selip oleh oli.
4. Periksa juga tekanan pedal kopling ketika servis, saat kaki mulai terasa pegal akibat kopling berat.
Semoga bermanfaat.
HomeTips dan Cara Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !